Cara Setting & Kirim Sms Di Mikrotik Rb751u-2Hnd

Cara Setting & Kirim SMS di Mikrotik RB751U-2HnD - Pada Mikrotik RouterOS sudah disediakan fitur SMS. Fitur ini memungkinkan kita untuk sanggup mengirim dan mendapatkan SMS dari perangkat Mikrotik. Namun tidak semua Mikrotik RouterBoard sanggup memakai fitur ini. Hanya beberapa RB saja yang sanggup yakni RB yang support Sim Card atau Port USB. 

Kali ini Tutorial Mikrotik Indonesia akan membahas ihwal Cara Setting & Kirim SMS di Mikrotik RB751U-2HnD. Pada artikel sebelumnya pernah dibahas ihwal Mikrotik RB751U-2HnD. RB jenis ini cukup istimewa, alasannya punya sumbangan port USB. Jadi, disini kita akan memakai USB modem dengan SIM Card tertentu untuk mengirim SMS.

Disini aku coba memakai Mikrotik RB751U-2HnD dengan USB Modem D-Link DWM-152 + SIM Card 3. Sebelumnya silakan cek apakah USB Modem anda sudah support dan dikenali oleh Mikrotik. Cek disini ya. Tapi walaupun tidak ada di list coba aja, siapa tau bisa, menyerupai modem yang aku gunakan tidak ada di list tersebut tapi tetep sanggup kok :)

Oke, lanjut colokan USB Modem ke Mikrotik nya, cek apakah USB Modem nya sudah dikenali oleh Mikrotik. Buka Winbox, masuk hidangan System --> Resources --> USB.


Tipe dan brand USB Modem aku tidak muncul disitu alasannya memang USB modem nya tidak ada di list supported hardware Mikrotik, tapi tetap sanggup digunakan.

Cek port USB nya dengan masuk ke hidangan System --> Ports. Jika muncul lebih dari satu, maka hanya salah satu yang sanggup digunakan. Selanjutnya masuk ke hidangan Tools --> SMS.

Pilih salah satu port USB, bila tidak sanggup coba pilih port lain. Channel biarkan default aja. Secret diisi terserah sebagai password. Allowed Number dan Keep Max. SMS biarkan saja. Jika sudah centang Receive Enabled --> Klik Apply. Jika muncul pesan error, coba pakai port lain.

Oya, dengan USB modem ini kita sanggup juga memakai nya sebagai modem Internet untuk internetan. Jika modem USB sudah digunakan untuk konek ke Internet, maka tidak sanggup sekaligus digunakan untuk mengirim dan mendapatkan SMS. Karena Port USB nya sudah digunakan untuk internet. Kaprikornus bila kita mau memakai Modem USB untuk SMS penggunaan Internet via PPP Client harus dimatikan. Kalau tidak maka akan muncul pesan error menyerupai ini.


Oke, bila Receive Enabled sudah bisa, kita coba kirim SMS ke nomor sendiri semoga sanggup tau sms nya masuk inbox apa tidak. Pada SMS Settings klik Send SMS.

Masukkan Nomor HP yang ingin kita kirimi SMS, coba isi Nomor sendiri dulu. Masukkan isi pesan SMS di Message --> Klik Send SMS.


Tunggu beberapa saat, masuk ke hidangan Inbox pada SMS Settings. Pastikan pulsa nomor anda mencukupi untuk mengirim SMS. Jika setingan sudah benar, maka SMS yang tadi dikirim akan masuk ke inbox, alasannya dikirim ke nomor sendiri.

Sampai disini berarti kita sudah sukses mengirim dan mendapatkan SMS di Mikrotik. SMS di Mikrotik ini sanggup kita manfaatkan untuk monitoring kehandalan jaringan memakai fitur Netwatch, menyerupai yang sudah dibahas disini Cara Memantau dan Monitor Koneksi Jaringan dengan Netwatch.

Demikianlah Tutorial Cara Setting & Kirim SMS di Mikrotik RB751U-2HnD. Silakan anda coba dengan perangkat anda masing-masing. Semoga berhasil :) 

0 Response to "Cara Setting & Kirim Sms Di Mikrotik Rb751u-2Hnd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel