Pengertian Alu (Arithmetic Logic Unit) Beserta Fungsi Dan Rangkaiannya

Apa itu ALU? ALU atau Arithmetic Logic Unit merupakan sebuah rangkaian digital yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika dan kebijaksanaan (Arithmetic and Logic). Namun dari pengertian lainnya, ALU ini ialah sebuah rangkaian elektronik digital yang melaksanakan operasi aritmatika dan bitwise pada suatu bilangan binner integer.

Fungsi ALU

Sudah dijelaskan, bahwa komponen ALU itu hanya berfokus pada fungsi dasar operasi artimatika dan logika. Untuk melaksanakan pengoperasian tugasnya, maka ALU melibatkan suatu sirkuit khusus yang disebut dengan Adder. Adder ini dibagi beberapa kombinasi, ada Half Adder, Full Adder dan Paralel Adder, untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan dibawah ini.

1. Half Adder
Untuk rangkaian Half Adder ini intinya penjumlahan biner dengan dua bit, maksudnya hanya untuk menjumlahkan dua bit saja.

2. Full Adder
Kalau untuk Full Adder sama menyerupai halnya Half Adder, hanya saja Full Adder sanggup menjumlahkan tiga bit.

3. Paralel Adder
Untuk Paralel Adder rangkaiannya dia tersusun dari Half Adder dan pada bit-bit berikutnya terdiri dari Full Adder, jikalau Paralel Adder dia sanggup menjumlahkan banyak bit.

Rangkaian Pada ALU

Membahas dalam rangkaian pada ALU maka aku lebih menekankan pada struktur-struktur yang ada pada komponen pendukung yang satu ini.

 merupakan sebuah rangkaian digital yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika dan lo Pengertian ALU (Arithmetic Logic Unit) Beserta Fungsi dan Rangkaiannya

Arithmetic Logic Unit mempunyai 2 fungsi utama untuk menjalankan, yakni Aritmatika dan Dasar Logika. ALU juga tidak bekerja dengan sendiri, dia butuh derma dari beberapa komponen lainnya. Satu huruf Control Unit atau CU yang terdapat pada Processor akan menunjukkan perintah terlebih dahulu.

Selain Control Unit ada juga yang namanya Register, dan setiap perintah yang diberikan Control Unit harus sesuai dengan apa yang disuruh yang ada pada register.

Sekian klarifikasi dari ALU atau Arithmetic Logic Unit supaya bermanfaat untuk menjawab pertanyaan dari sekolah Anda atau bagi kau yang ingin menambah wawasan ilmu saja supaya sanggup dimengerti.

0 Response to "Pengertian Alu (Arithmetic Logic Unit) Beserta Fungsi Dan Rangkaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel