Pengertian Wan (Wide Area Network) Dan Fungsi-Fungsinya

Bagi sobat yang sudah cukup usang berkecimpung dalam dunia jaringan maka tak heran arti dan maksud apa itu WAN, namun bagi kau yang tidak mengetahuinya jangan khawatir dan bingung, kami akan jelaskan secara rinci baik dari pengertian dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya. ( : Pengertian VPN Beserta Fungsinya)

Pengertian WAN dan Fungsinya


Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai salah satu jenis jaringan komputer yang terbilang cukup terkenal yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan berskala Nasional dan hingga Internasional yang dikenal dengan istilah WAN. Oke dari pada lama-lama pribadi saja simak ulasannya dibawah ini ya gaess, yang mengenai topik pengertian serta fungsinya. ( : Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya)

Pengertian WAN


Bagi sobat  yang sudah cukup usang berkecimpung dalam dunia jaringan maka tak her Pengertian WAN (Wide Area Network) dan Fungsi-fungsinya

WAN kependekan dari Wide Area Network merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang luasnya meliputi satu Negara bahkan satu Benua. Jaringan yang satu ini merupakan adonan dari jaringan LAN dan jaringan MAN yang dimana daerahnya dipisahkan oleh geografis. Dan untuk menciptakan atau membangun jaringan WAN kita harus membutuhkan media transmisi menyerupai fiber optik, kabel telepon atau juga bisa menggunakan media satelit. ( : Pengertian MAN "Metropolitan Area Network" dan Fungsi-fungsinya)

Biaya yang dibutuhkan pun juga terbilang cukup besar dan biasanya untuk membangunnya hanya perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan jasa operator telekomunikasi yang khusus menyediakan layanan jaringan. Dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk menciptakan jaringan ini antara lain menyerupai firewall, switch, modem dan router. ( : Pengertian dari IP Address dan Fungsi-fungsinya)

Bagaimana masih sulit untuk memahaminya? kalau masih sulit teman-teman juga bisa komentar dikolom paling bawah yaa. Jika sudah paham mengenai dari pengertian diatas, kita lanjut untuk membahas dari fungsi yang terdapat dari Wide Area Network, yuukkss pribadi aja disimak lagi yaa.

Fungsi WAN (Wide Area Network)


1. Arus Komunikasi Menjadi Lebih Praktis dan Cepat Walaupun Berbeda Wilayah

Salah satu manfaat dari wan yaitu arus komunikasi yang gampang untuk dipakai dan pastinya jaringan sangat cepat untuk mengaksesnya, walaupun berbeda wilayah. Misalnya kantor sentra dan kantor cabang sangat jauh lokasinya hingga dipisahkan oleh Benua, dengan menggunakan jaringan ini maka sangat cepat untuk memberitahu informasi yang terdapat pada kantor tersebut atau kantor-kantor lainnya.

2. Jaringan LAN dan MAN sanggup Terintegrasi

Dengan hadirnya jaringan wan ini, yang jaringannya mempunyai cakupan lebih kecil bisa dihubungkan dan terintegrasi dalam satu jaringan, dan mempermudah suatu perusahaan untuk mendapatkan informasi terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional

Memang dilihat cukup mahal untuk melaksanakan instalasi, tetapi hal ini sangat murah kalau dipakai oleh perusahaan yang dibatasi oleh Negara bahkan hingga Benua, jadi sangat cocok untuk melaksanakan instalasi bagi perusahaan yang dibatasi oleh 2 hal tersebut, alasannya yaitu termasuk jaringan kategori menghemat biaya operasional.

4. Data dan Informasi Instansi sanggup Menerima Lebih Cepat

Walaupun perusahaan yang mempunyai banyak kantor tetapi jaraknya saling berjauhan, data ataupun infromasi yang dibutuhkan oleh karyawan atau pegawai akan cepat masuk atau atau bahasa kerennya uptodate.

5. Terhindar dari Namanya Miskomunikasi

Andai kata perusahaan yang daerahnya dibatasi oleh Benua, maka informasi yang didapat hanya dilakukan secara manual untuk menerima atau mendapatkan data dan bahkan bisa terjadinya miskomunikasi, dengan hadirnya jaringan wan ini maka miskomunikasi sanggup dicegah dan pastinya miskomunikasi akan hilang perlahan-lahan. ( : Pengertian LAN "Local Area Network" Beserta Fungsi-fungsinya)

Itulah ulasan diatas yang mengenai dari pengertian wan dan hingga fungsi dari wan, agar dengan ulasan-ulasan diatas bisa membantu teman-teman yang sulit untuk mencari tahu apa itu wan dan apa saja sih fungsinya, agar semua ulasan itu bermanfaat untuk kau yaa gaess.

0 Response to "Pengertian Wan (Wide Area Network) Dan Fungsi-Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel