Pengertian Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Lengkap

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan - Setiap sebuah komputer niscaya membutuhkan sebuah hubungan jaringan, baik itu mempunyai kegunaan untuk mentransfer data atau sebagainya, dan pastinya file-file tersebut akan melewati sebuah jaringan gateway. Lalu apa sih gateway itu? makhluk jenis apakah sih gateway serta fungsi sama cara kerjanya bagaimana??, bagi kalian yang ingin mengetahuinya silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Gateway, Fungsi Gateway dan Cara Kerja Gateway


 Fungsi dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Pengertian Gateway, Fungsi dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Lengkap

Kaprikornus pada kesempatan kali ini kami akan membeberkan mengenai gateway, supaya kalian lebih gampang untuk memahaminya, kami akan menjabarkannya satu-persatu dari pengertiannya terlebih dahulu gres fungsi kemudian lanjut ke cara kerjanya. Penasaran apa sih itu gateway? yukkss pribadi aja simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Gateway


Definisi umumnya mengenai gateway atau biasa dikenal dengan gerbang jaringan ialah perangkat yang dipakai untuk saling menghubungkan antar jaringan komputer satu ke komputer lainnya. Dan untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya harus membutuhkan sebuah protokol komunikasi yang berbeda, sehingga gateway ini sangat diharapkan dalam menghubungkan data ke komputer lain walaupun berbeda protokolnya. Salah satu pola perangkat gateway ialah router, dan juga gateway ini bisa kita gunakan dalam jaringan LAN, WAN serta sanggup menghubungkan IBM SNA dan digital DNA.

Fungsi Gateway


Gateway ini bermacam-macam macam fungsinya, contohnya saja untuk melaksanakan konversi protokol, memperlancar jalan masuk terhadap sebuah informasi, sanggup membuatkan perangkat keras, juga sanggup meningkatkan keamanan data yang ada dan bisa juga untuk menstabilkan performa komputer. Untuk lebih lengkapnya dari fungsi gateway ini, berikut ulasannya dibawah ini semoga sanggup dimengerti.

1. Berguna Sebagai Protocol Converting

Seperti yang sudah aku sindir diulasan diatas, gateway merupakan alat sebagai penghubung antara dua komputer yang protokolnya berbeda-beda. Maka, kalau ada komputer yang ingin terhubung ke komputer lainnya, disinilah fungsi dari gateway untuk menyelaraskan antara kedua protokol berbeda tersebut sehingga ia sanggup saling terhubung satu sama lain. Jaringan gateway juga bisa diakses pada tiap-tiap tingkat yang terdapat pada model lapisan OSI (Open System Interconnection). Untuk melaksanakan konversi protokol, gateway mengkonfigurasikannya dalam sebuah perangkat lunak.

2. Mempermudah Akses Terhadap Informasi

Setelah berhasil melaksanakan penyelarasan dan mengkonversikan protokolnya, fungsi selanjutnya ialah memperlihatkan penggunanya mempermudah dalam hak jalan masuk informasi, alasannya ialah kedua komputer sudah saling terhubung dan siap melaksanakan sanksi pertukaran data. Itulah betapa pentingnya gateway ini walaupun protokolnya berbeda, kalau tanpa gateway maka komputer ke komputer lainnya tidak sanggup disatu padukan kalau protokolnya berbeda.

3. Berbagi Perangkat Keras

Sebagai contohnya Printer misalkan, kalau didalam sebuah kantor terdapat 1 printer dan komputer ada 5, maka gateway bisa kita gunakan untuk menghubungkan antara komputer ke printer. Kaprikornus kalian tidak usah mengandalkan 1 komputer saja dijadikan materi printer, tetapi bisa semua komputer kita hubungkan ke printer tersebut memakai gateway.

4. Pengamanan Serta Penggunaan Data

Terutama bagi komputer-komputer yang biasa dipakai di sebuah lingkungan perjuangan atau sebuah perusahaan, dengan mengandalkan gateway maka kita sanggup mengintegrasikan dan mengorganisasi data-data penting yang ada di komputer perusahaan. Dan pastinya di dalam sebuah perusahaan terdapat bermacam-macam macam departemen yang bekerja terpisah-pisah, disitulah gateway bisa kita manfaatkan untuk menyatupadukan departemen yang terpisah menjadi satu dan dipastikan hanya komputer penting-penting saja yang disatukan supaya terhindar dari orang yang tidak bertanggung jawab kalau file perusahaan hilang. Dan biasanya ada satu admin-lah yang mengatur semua jalannya jaringan, jadi harus lebih teliti lagi kalau saling terhubung dibanyak komputer supaya keamanan data tetap terjaga.

5. Meningkatkan Kestabilan Performa Komputer

Dengan adanya jaringan gateway ini disatu jaringan yang terhubung, maka lebih mudahnya kita membagi file-file lainnya sehingga performa komputer lainnya tetap terjaga dengan baik.

Cara Kerja Gateway


Gateway ini kita simulasikan sebagai layaknya pintu untuk mencapai jaringan lain, setiap gerbangnya yaaa paling tidak mempunyai 2 macam interface jaringan. Misalkan saja begini, saat kita mengakses internet kesebuah alamat website sanggup ditempuh kalau sudah melalui gateway yang telah memperlihatkan arah atau rute untuk sebuah paket data sanggup hingga ke tujuan.

Bayangkan contohnya ada perumahan kecil yang letaknya di dalam satu kompleks perumahan yang lebih besar. Perumahan besar tersebut dikelilingi dengan jalan besar. Jika diibaratkan mirip ini, maka jalan besar ialah jaringan besar, yang mempunyai struktur berbeda dengan perumahan besar dan kecil.

Kemudian, kalau penghuni di perumahan kecil ingin mencapai rumahnya, tentu diharapkan pintu gerbang perumahaan yang pastinya dibangun di akrab jalan besar. Jalan besar biasanya tidak berbatasan pribadi dengan perumahan kecil, walau terhubung dengan perumahan besar. Nah, gateway sendiri merupakan gerbang yang terletak di pinggir jalan besar tersebut, dengan router merupakan jalan menuju rumah di perumahan kecil.

Perbedaan Gateway dengan Router


 Fungsi dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Pengertian Gateway, Fungsi dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Lengkap

Mungkin ini bagi kalian yang belum mengetahuinya, alasannya ialah gateway selalu disebutkan sama dengan router padahal sangat beda sekali. Kaprikornus kalau ada orang yang menyampaikan bahwa gateway sama dengan router, maka bekerjsama pernyataan tersebut ialah pernyataan tidaklah salah.

Gateway juga bisa disebut sebagai router yang bertugas meneruskan kemudian lintas suatu jaringan ke jaringan lain atau ke internet. Gateway ini bertindak sebagai perangkat mediator antara komputer di satu jaringan dengan komputer lain di jaringan lainnya. Semua kemudian lintas antar jaringan tersebut harus melalui pintu gerbang (gateway).

: Pengertian dari Framework Beserta Fungsi-fungsinya
: Pengertian Komputer Server dan Fungsi-fungsinya
: Pengertian Komputer Client dan Fungsi-fungsinya
: Pengertian Kabel USB OTG, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap
: Pengertian CMS, Fungsi dan Macam-macam CMS (Content Management System)

Mungkin itu saja mengenai pengertian gateway, fungsi gateway, cara kerja gateway serta perbedaan gateway dengan router. Semoga dengan ulasan diatas tersebut sanggup membantu Anda dalam menunjang ilmu pengetahuan, selamat untuk beraktifitas berguru lagi dan jangan pernah putus dalam belajar. Jika artikel ini Anda jadikan materi untuk skripsi, kami memohon kepada kalian untuk ijin dikomentar bawah ini yaaa, niscaya akan kami perbolehkan asalkan ijin aja semoga barokah hehe.

0 Response to "Pengertian Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja Gateway Dalam Jaringan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel